Rabu, 17 Mei 2017

RPL



RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN ( RPL )
BIMBINGAN DAN KONSELING
FORMAT KLASIKAL

I.          IDENTITAS
A.  Satuan Pendidikan                  : Universitas Muria Kudus
B.  Tahun Pelajaran                       : 2016-2017
C.  Sasaran Pelayanan                   : Mahasiswa
D.  Pelaksana                                 : Angga Septiana Pambudhi
E.   Pihak Terkait                           : Dosen Pengampu

II.          WAKTU DAN TEMPAT
A.  Hari / Tanggal                          : Kamis, 6 April 2017
B.  Jam Layanan                           : 13.30-14.15
C.  Volume Waktu                        : 1 X 45 Menit
D.  Spesifikasi Tempat Layanan   : Ruang Kelas

III.          FUNGSI LAYANAN                  : Pemahaman, Pencegahan dan Pengembangan
IV.          TUGAS PERKEMBANGAN      : Siswa dapat mengetahui dampak mencontek

V.          TUJUAN LAYANAN                 : Siswa dapat memahami dan mengetahui Menyotek sikap yang tidak jujur dan merugikan

VI.          BIDANG BIMBINGAN             : Sosial
VII.          MATERI LAYANAN                 : Menyotek sikap yang tidak jujur dan merugikan.

a)    Pengertian Menyontek
b)   Dampak menyontek
c)    Contoh menyontek

VIII.          METODE BIMBINGAN              : Ceramah
IX.          SARANA LAYANAN
A.  Media                                      : Laptop
B.  Perlengkapan                           : -

X.          LANGKAH KEGIATAN
A.  Pendahuluan                                       
Ø  Membina hubungan baik dengan siswa
Ø  Menyampaikan tujuan layanan
Ø  Mengajak Peserta Dedi terlibat aktif dalam kegiatan layanan
B.     Inti                                                       
Ø  Peserta didik mengamati media pengantar terhadap materi layanan.
Ø  Memberikan informasi tentang dampak menyontek.
Ø  Konselor memberikan penguatam pemahaman materi secara utuh.
Ø  Peserta Dedi dan konselor mengembangkan rencana perilaku atau dasar pengetahuan dan ketrampilan baru yang dimiliki.
C.     Penutupan / Pengakhiran
Ø Merefleksi proses dan hasil layanan
Ø Mengevaluasi proses dan hasil layanan
Ø Menguatkan komitmen peserta didik terhadap hasil layanan
Ø Merencanakan tindak lanjut

XI.          EVALUASI
A.  Evaluasi Proses                         : Siswa mampu memahami Dampak menyontek.  
B.  Evaluasi Hasil                           : Siswa mampu menerapkan Dampak menyontek dalam Sekolah.

XII.          TINDAK LANJUT                      : Memberikan layanan individu atau layanan  kelompok untuk siswa yang belum mengerti Nyontek sikap yang tidak jujur dan merugikan.

XIII.          SUMBER BAHAN                       : Internet



Mengetahui,
Dosen Pengampu



Drs. Ahmad Rifai M.Pd., Kons



Kudus, 06 April 2017


Praktikan



Angga Septiana Pambudhi
NIM 201431001



http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Related Posts:

  • RPL Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE … Read More

0 komentar:

Posting Komentar