RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
( RPL )
BIMBINGAN DAN KONSELING
FORMAT KLASIKAL
I.
IDENTITAS
A.
Satuan Pendidikan : Universitas Muria Kudus
B.
Tahun Pelajaran :
2016-2017
C.
Sasaran Pelayanan :
Mahasiswa
D.
Pelaksana :
Angga Septiana Pambudhi
E.
Pihak Terkait : Dosen Pengampu
II.
WAKTU DAN TEMPAT
A.
Hari / Tanggal :
Kamis, 6 April 2017
B.
Jam Layanan :
13.30-14.15
C.
Volume Waktu :
1 X 45 Menit
D.
Spesifikasi Tempat Layanan : Ruang
Kelas
III.
FUNGSI LAYANAN
: Pemahaman, Pencegahan dan Pengembangan
IV.
TUGAS PERKEMBANGAN :
Siswa dapat mengetahui dampak mencontek
V.
TUJUAN LAYANAN :
Siswa dapat memahami dan mengetahui Menyotek sikap yang tidak jujur dan
merugikan
VI.
BIDANG BIMBINGAN : Sosial
VII.
MATERI LAYANAN :
Menyotek sikap yang tidak jujur dan merugikan.
a)
Pengertian Menyontek
b)
Dampak menyontek
c)
Contoh menyontek
VIII.
METODE BIMBINGAN :
Ceramah
IX.
SARANA LAYANAN
A.
Media :
Laptop
B.
Perlengkapan :
-
X.
LANGKAH KEGIATAN
A.
Pendahuluan
Ø Membina hubungan baik dengan siswa
Ø Menyampaikan tujuan layanan
Ø Mengajak Peserta Dedi terlibat aktif
dalam kegiatan layanan
B.
Inti
Ø Peserta didik mengamati media pengantar
terhadap materi layanan.
Ø Memberikan informasi tentang dampak
menyontek.
Ø Konselor memberikan penguatam pemahaman
materi secara utuh.
Ø Peserta Dedi dan konselor mengembangkan
rencana perilaku atau dasar pengetahuan dan ketrampilan baru yang dimiliki.
C.
Penutupan / Pengakhiran
Ø Merefleksi proses dan hasil layanan
Ø Mengevaluasi proses dan hasil layanan
Ø Menguatkan komitmen peserta didik
terhadap hasil layanan
Ø Merencanakan tindak lanjut
XI.
EVALUASI
A.
Evaluasi Proses :
Siswa mampu memahami Dampak menyontek.
B.
Evaluasi Hasil :
Siswa mampu menerapkan Dampak menyontek dalam Sekolah.
XII.
TINDAK LANJUT
: Memberikan layanan individu atau layanan
kelompok untuk siswa yang belum mengerti Nyontek sikap yang tidak jujur
dan merugikan.
XIII.
SUMBER BAHAN :
Internet
Mengetahui,
Dosen
Pengampu
Drs.
Ahmad Rifai M.Pd., Kons
|
Kudus,
06 April 2017
Praktikan
Angga
Septiana Pambudhi
NIM 201431001
|
0 komentar:
Posting Komentar